Kamis, 28 Juni 2012

PTK: MEDIA GAMBAR SERIES dalam TEKS NARRATIVE

PENELITIAN TINDAKAN KELAS:

Judul : “ Meningkatkan Prestasi Menulis Narrative Melalui Media Gambar Series pada siswa
 Kelas XII IPA-3 SMA Negeri 5 Kediri”
 BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah :
         Pengembangan Ilmu pengetahuan dan Tehnologi merupakan factor mutlak yang harus dilakukan secara sadar dan berkelanjutan guna menciptakan suatu keadaan dalam hal terjadinya peningkatan kemampuan intelektual, cerdas dan berdedikasi tinggi. Sejalan dengan hal itu upaya peningkatan  peran piranti pendidikan makin digalakkan mulai dari guru, murid dan lainnya untuk tercapainya tujuan pembelajaran.
         Di dalam pembelajaran Bahasa Inggris ada empat ketrampilan yang harus dikuasai siswa yaitu Speaking (berbicara), Listening (mendengarkan), Reading (membaca) dan Writing (menulis), yang kesemuanya saling berhubungan satu dengan yang lain.
         Menulis (writing) adalah salah satu bentuk komunikasi yang digunakan dalam kehidupan sehari hari yang sama pentingnya dengan berbicara, tetapi karena begitu kompleknya dan sulitnya penerapan dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris  sering kali siswa dan guru mengalami kesulitan menerapkan dalam proses belajar mengajar didalam kelas. Siswa mengalami kesulitan untuk memulai mengerjakan tugas menulis. Kecenderungan mereka untuk meniru atau mencontoh teks dari buku yang mereka baca atau sumber lain. Bahkan apabila materi pelajaran writing (menulis) di dalam kelas mereka cenderung tidak dapat menyelesaikan tugas tersebut tepat waktu, mereka selalu meminta tugas tersebut diselesaikan di rumah sebagai Pekerjaan rumah (PR) atau ketika siswa belajar bahasa Inggris disuruh menulis sering mereka melakukan kesalah kesalahan tata bahasa( grammar) spelling sampai pada punctuation (tanda baca).
          Oleh karena hal tersebut diatas perlu adanya perubahan perubahan dalam proses belajar Mengajar yang melibatkan guru dan murid. Disatu sisi proses belajar siswa, cara mengajar guru dan disisi lain interaksi antara guru dan murid perlu adanya perbaikan. Siswa harus tahu mengapa mereka menulis, apa  tujuan mereka menulis.

Minggu, 24 Juni 2012

cara mengANALISA BUTIR SOAL (I)

Hai.... teman" guru atau Adik" calon guru ...Yuuk kita belajar mengANALISA BUTIR SOAL
Tujuannya apa sih ? Tuk bisa mengidentifikasi soal yang baik dan soal yang kurang baik(buruk)
Yuk kit a coba ....mulai dari :

Soal Pilihan ganda:
Langkah-langkah:
1. urutkan nilai tertinggi ke nilai terendah
2. peserta dibagi 3 kelompok ; 1 : 1 : 1 atau 1 : 2 : 1
3. kelompok pandai (U) dan kurang (L) dipakai menentukan TK(Tingkat kesukaran) & DP(Daya Pembeda)
4. Kelompok pandai yang menjawab benar (NA)
    kelompok kurang menjawab benar (NB)
5. U + L = T
      TK = (NA+NB) : T

      DP = (NA-NB) : 1/2 T                  

Kriteria TK:
TK < 0,25       ---->    Soal Sukar

0,25< TK< 0,75 ----> Soal Sedang

TK > 0,75     --------> Soal Mudah

Kriteria DP :
DP < 0,20 --------->     Lemah (diganti)

0,20 < DP < 0,40 -------> Sedang (diperbaiki)

DP > 0,40 -----------> kuat (dipakai)

Selamat mencoba !!! tunggu analisa Soal Uraian berikutnya...........

Jumat, 22 Juni 2012

Motivasi diri

Cerita Motivasi Katak TULI !


Pada suatu hari ada segerombol katak-katak kecil,...

... yang menggelar lomba lari
Tujuannya adalah mencapai puncak sebuah menara yang sangat tinggi.

Penonton berkumpul bersama mengelilingi menara untuk menyaksikan perlombaan dan memberi semangat kepada para peserta...


Perlombaan dimulai...

Secara jujur:
Tak satupun penonton benar2 percaya bahwa katak2 kecil akan bisa mencapai puncak menara.
Terdengar suara:
"Oh, jalannya terlalu sulitttt!!
Mereka TIDAK AKAN PERNAH sampai ke puncak."
atau:
"Tidak ada kesempatan untuk berhasil...Menaranya terlalu tinggi...!!

Katak2 kecil mulai berjatuhan. Satu persatu...
... Kecuali mereka yang tetap semangat menaiki menara perlahan- lahan semakin tinggi...dan semakin tinggi..

Penonton terus bersorak
"Terlalu sulit!!! Tak seekorpun akan berhasil!"


Lebih banyak lagi katak kecil lelah dan menyerah...
...Tapi ada SATU yang melanjutkan hingga semakin tinggi dan tinggi...
Dia tak akan menyerah!


Akhirnya yang lain telah menyerah untuk menaiki menara. Kecuali satu katak kecil yang telah berusaha keras menjadi satu-satunya yang berhasil mencapai puncak!
SEMUA katak kecil yang lain ingin tahu bagaimana katak ini bisa melakukannya?


Seekor katak bertanya bagaimana cara katak yang berhasil menemukan kekuatan untuk mencapai tujuan?


Ternyata...
Katak yang menjadi pemenang itu TULI!!!!


Kata bijak dari cerita ini adalah:

Jangan pernah mendengar orang lain yang mempunyai kecenderungan negatif ataupun pesimis...
...karena mereka mengambil sebagian besar mimpimu dan menjauhkannya darimu.
Selalu pikirkan kata2 bertuah yang ada.
Karena segala sesuatu yang kau dengar dan kau baca bisa mempengaruhi perilakumu!
Karena itu:
Tetaplah selalu....



POSITIVE!


Dan yang terpenting:

Berlakulah TULI jika orang berkata kepadamu bahwa KAMU tidak bisa menggapai cita-citamu!
Selalu berpikirlah:
I can do this!

Senin, 18 Juni 2012

CONTOH ICE BREAKER

A man in a restaurant was angry. Why was he angry? He was angry because the waiter had brought him a cup of  hot coffee but no spoon. And then he called the waiter to his table,"Hi, man ..come here!"
"What's the matter ,sir..What's the matter"
"This coffee is too hot, I can't stir it with my fingers."
"I am sorry, sir"  The waiter said and He hurried back to the kitchen and returned with another cup and said
"I am sorry sir, but you will find that this one is colder.



 Ibu Mira sebagai penduduk baru di komplek rumahnya, datang ke rumah tetangga sebelahnya yang dihuni oleh seorang nenek-nenek.

Ibu Mira: “Nek, kenalkan saya tetangga baru nenek, nama saya Mira.”
Nenek: “Oh, silakan duduk, dik.”

Saat sedang ngobrol, di meja ada setoples kacang mede.
Ibu Mira bertanya, “Wah nek, boleh yah saya cicipi kacang medenya.” Nenek, “Oh, ya boleh.. boleh.” Saking enaknya kacang mede tersebut, sampai habis satu toples.

Ibu Mira: “Wah, maaf nek, kacang medenya sampai habis nih.”
Nenek: “Oh, nggak apa-apa kok, nenek juga nggak bisa makan, maklum gigi nenek sudah nggak kuat. Nenek kan sering dikirimi sama cucu coklat silver queen, nenek hanya mampu menjilat coklatnya saja, jadi dari pada dibuang kacang medenya nenek kumpulkan di toples itu.”

Minggu, 17 Juni 2012

RPP & Bahan Ajar Narrative text


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan          : SMA
Mata Pelajaran                : Bahasa Inggris
Pokok Bahasan               : 8.2. Mendengarkan : Monolog Narrative text
Kelas / Semester             : XII IPA  /  2
Alokasi Waktu                : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi :
8. Mendengarkan (Listening) :Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, dan Review dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar :
8.2 Mendengarkan (listening) : Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk Narrative.

Indikator :
  • Mengidentifikasi main idea dari text Narrative yang didengar.
  • Mengidentifikasi informasi dalam teks Narrative yang didengar
  • Menciptakan situasi yang menumbuhkan daya pikir dan bertindak kreatif
  • Membangun kemandirian dalam menjawab pertanyaan
  • Mengembangkan rasa ingin tahu

I. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat :
1. Menemukan informasi factual dengan benar.
2. Menemukan makna kata atau sinonim dengan benar
3. Menemukan informasi Umum dengan benar
      4. Menemukan informasi tersirat dengan benar
5. Menceritakan kembali isi teks.
6. Dalam kegiatan mendengarkan siswa mengembangkan rasa ingin tahu
7.Dalam proses menemukan jawaban siswa bertindak mandiri dan kreatif

I. Tujuan Pembelajaran :
Diperdengarkan teks monolog lisan berbentuk Narrative text, siswa dapat :
1. Menemukan informasi umum dengan benar.
2. Menemukan makna kata atau sinonim dengan benar
3. Menemukan informasi khusus dengan benar
4. Menemukan informasi tersirat dengan benar
5. Menceritakan kembali isi teks.
6. Dalam kegiatan mendengarkan siswa mengembangkan rasa ingin tahu
7. Dalam proses menemukan jawaban siswa bertindak mandiri dan kreatif

II. Materi Pembelajaran :
Narrative Text
1. The social function of the Narrative text :
     To entertain the readers.

2. the form/ generic structure of Narrative text.
    It may consist of title – orientation – complication – Resolution – Reorientation  

3. What are the language features of  Narrative text ?
     It uses
a. Time words :  Once upon the time, one day, long ago, etc.
b.  Action verbs :  run, walk, fight, talk, etc.
c.  Descriptive words : beautiful, hate, sly, just, arrogant, boast, etc

III. Pendekatan : Competence based approach
      Technique   : Three phases-technique
                             2 cycles of 4 teaching procedures

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal : ( 5 menit)
               *  Salam dan tegur sapa./doa membiasakan  menjawab salam/bersosialisasi dan      membiasakan mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Y.M.E

  *   Informasi tentang tujuan dan indicator pembelajaran.
2. Kegiatan Inti :

BKOF (Building knowledge of Field) : (10 menit)
  • Brainstorming jenis teks yang telah dipelajari.
  • Siswa diajak berbicara tentang social function, generic structure, dan language features dari teks Narrative.

MOT ( Modeling of Text) :

Pre – listening activity : 20 menit
  • Siswa diberi leading Question.
  • Siswa menjawab pertanyaan secara lisan.(menghargai pendapat orang lain dan santun dalam berinteraksi)
  • Siswa mempelajari kosa kata yang ada pada teks lisan.
  • Siswa mencari padanan kata atau makna kata pada kamus. (mengembangkan rasa ingin tahu)
  • Siswa mendiskusikan jawaban.(menghargai pendapat orang lain dan santun dalam berinteraksi)

Whilst Listening : 30 menit
  • Siswa mempelajari pertanyaan yang diberikan
  • Siswa mendengarkan teks lisan dan sekaligus menjawab pertanyaan(mengembangkan rasa ingin tahu, bertindak mandiri dan kreatif) .
  • Diperdengarkan teks kembali untuk mengecek jawaban yang ada.
  • Mendiskusikan jawaban.(menghargai pendapat orang lain dan santun dalam berinteraksi)

Post Listening: 15 menit
·         Diberi text narrative .
·         Mendengarkan teks lisan lagi. (mengembangkan rasa ingin tahu bertindak mandiri dan kreatif)
·         menentukan generic structurenya.
·         Mendiskusikan jawaban.(menghargai pendapat orang lain dan santun dalam berinteraksi)
3. Kegiatan Akhir : (10 menit)
  • Kesimpulan dari kegiatan tersebut.
  • Salam penutup.

V. Alat/ Bahan / Sumber belajar :
Alat / Bahan   : Kaset pembelajaran( rekaman sendiri),  gambar gambar, LKS
Sumber           :         
                      -  Depdiknas. Standar Kompetensi BSNP th 2006. Pusat Kurikulum     Balitbang Depdiknas.2006.
-          Halimi Mahfudz. Competency in English class XII. MGMP Bahasa Inggris Kediri. 2007.
-          AS Hornby.Oxford Advanced Learner’s Dictionary.Oxford University Press.1995
                      -    Zumakhsin. Progress A contextual Approach to learning English for  Senior High School. Ganeca Exact.2007. 
                      -    Hasan Shadily. Kamus Inggris- Indonesia.PT Gramedia.1998
VI. Penilaian :
Jenis        : Ulangan harian
Bentuk     : Teks Tulis
Alat Penilaian   : Terlampir pada Bahan ajar
Pedoman Penilaian :
a. Kognetif  (listening)        : Jumlah soal 10

No
Aspek yang dinilai
Skor maximum
1
Jawaban siswa lengkap dan benar
10
2
Jawaban siswa tidak lengkap tetapi benar
5
3
Jawaban siswa kurang tepat
2

     Kognetif (Vocabulary) : Jumlah soal 5
     
No
Aspek yang dinilai
Skor maximum
1
Jawaban siswa  benar
20
2
Jawaban siswa salah
0

Nilai : (Score Listening + score vocabulary)  : 2
b. Affektif                            : Rublik dengan Penilaian sbb :

Ranah
Nilai
Deskripsi
Afektif
A

B

C

K
Kehadiran, minat, sikap dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan sangat baik
Kehadiran, minat, sikap dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan  baik
Kehadiran, minat, sikap dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan sangat cukup baik
Kehadiran, minat, sikap dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan kurang baik
Catatan :
Tindak Lanjut : Apabila siswa tidak mencapai nilai SKM  maka siswa diberi :
                     Test Remidi ( Remidial test) .
BAHAN AJAR
Narrative Text
ACT 1 :
Now Look at the picture and answer the questions below!

                

  1. Are you familiar with this animal ? What is it ?
  2. What kind animal is it ?
  3. Describe this animal based on your opinion !

ACT 2:
Before listening to the text, try to find the meaning of these words !
                              come along           disappeared          woods
                              approached            Automatic

ACT 3; Listen to the text from the record then answer the following questions!

ACT 4 : Listen more carefully and answer the questions based on the story !
1. What is the title of the story ?
2. Whom did the big wolf wait for ?
3. What did the little girl carry ?
4. What did the wolf ask to the girl ?
5. Did the girl tell the wolf where her grandmother lived?
6. What did the girl see when she opened the door of her grandmother’s house ?
7. Was it her grandmother ? Who was it ?
8. What did the girl do when she knew that it was not her grandmother who was in the bed?
9. What is the ending of the story?
10. What is the moral of the story ?


ACT 5 : Now in a group of four you can retell that story with your own word and the speaker of your group tell it in front of the class !

Script :

The little girl and the wolf

One afternoon a big wolf waited in a dark forest for a little girl to come along carrying a basket of food to her grandmother. Finally a little girl did come along and she was carrying a basket of food. “ Are you carrying that basket to your grand mother.?” asked the wolf. The little girl said yes, she was. So the  wolf asked her where her grandmother lived and the little girl told him and he disappeared into the woods.
         When the little girl opened the door of her grandmother’s house she saw there was somebody in bed with a nightcap and nightgown on. She had approached no nearer than twenty-five feet from the bed when she saw that it was not her grandmother but wolf, for even in a nightcap a wolf doesn’t look any more like her grandmother. So the little girl took an automatic out of the basket and shot the wolf dead.