DEBAT BAHASA INGGRIS
A. PENGERTIAN
1. Debat merupakan kegiatan memperjuangkan argument
tim dengan cara menyampaikan bukti-bukti yang kuat dan relevan agar argument
tim menang.
2. Meyakinkan juri/adjudicator bahwa argnument tim
adalah argument tim adalah argument yang valid, kuat, dan benar.
B. PESERTA
Peserta debat
disebut dengan DEBATERS
Debat bahasa
inggris terdiri dari 2 tim yang saling berlawanan,
1. Tim positif (affirmative/government team). Tim
positif adalah tim yang mendukung/setuju dengan topik(motion).
2. Tim negatif (opposition team). Tim negatif
adalah tim yang menentang atau tidak setuju dengan
Dalam setiap tim terdiri dari 3
debaters, yaitu:
-
Pembicara pertama (first
speaker)
-
Pembicara kedua (second
speaker)
-
Pembicara ketiga (third
speaker)
Ada juga yang disebut dengan reply speaker yang
nantinya akan memberikan dan menyampaikan reply speech (overview debate) yang
diambil yang diambil dari pembicara pertama atau pembicara kedua.
C. PENJURIAN
Dalam debat bahasa inggris, jumlah juri selalu
ganjil unutk menghindari adanya “seri”. Juri dalam debat disebut adjudicator.
Dalam debat bahasa inggris ada juga yang disebut
dengan chairperson yaitu orang yang memimpin jalannya debat, dan ada
juga time
keeper yaitu orang yang bertugas menghitung waktu bicara debaters.
Standar waktu bicara untuk tiap debater adalah 7 menit.
D. TOPIK DEBAT
Topik yang diperdebatkan dalam debat bahasa inggris disebut MOTION.
Motion biasanya diawali dengan,
THW(This House
Would....)
THBT (This House
Believe That....)
Apabila motion diawali dengan dengan THW, ini berarti proposal debate,
maksudnya adalah peserta debat harus memberikan argument yang disertai dengan
solusi dan langkah-langkah yang harus dilakukan (peserta harus mengajukan
proposal) dalam solusi tersebut. Apabila motion diawali dengan THBT maka debat
itu adalah philosophical debate, maksudnya adalah dalam debat itu nantinya
hanya akan memperdebatkan bahwa sesuatu hal (yang disebutkan dalam motion
tersebut) benar atau salah, baik atau tidak, signifikan atau tidak, tanpa
memberikan langkah-langkah atau solusi penyelesaian. Baik motion THW maupun
THBT, semua argument harus selalu disertai dengan bukti-bukti dan fakta-fakta
yang relevan dan kuat serta contoh-contih yang relevan. Motion ada yang bisa
langsung diperdebatkan dan ada juga yang harus didefinisikan terlebih dahulu.
Contoh-contoh
motions;
-
THW stop importing
rice
-
THW ban alchoholic
drinks
-
THBT homeschooling
is not good, dsb
E.
CARA MENDEFINISIKAN
MOTION
Mendefinisikan motion maksudnya
adalah mendeskripsikan motion agar lebih jelas dan lebih fokus atau lebih
spesifik. Yang berhak mendefinisikan motion adalah affirmative team (team
positif). Sedangkan tim negatif hanya berhak menyetujui atau menentang definisi
tersebut. Apabila tim negatif menyetujui definisi itu maka debat akan
dilanjutkan sesuai dengan motion yang telah didefinisikan tersebut. Perlu
diketahui oleh semua debaters bahwa yang diperdebatkan adalah theme
line bukan definisi ataupun motion debat. (theme line akan dijelaskan
lebih lanjut nanti)
Jika tim negatif tidak setuju dengan definisi yang diajukan oleh tim
positif, maka tim negatif harus menentang definisi tersebut dan memberikan
definisi baru yang benar. Tindakan menentang definisi yang disampaikan oleh tim
positif ini dinamakan dengan CHALLENGE DEFINITION. Akan tetapi
tim negatif harus benar-benar teliti dan hati-hati sebelum melakukan CHALLENGE
DEFINITION ini, karena definisi yang bisa ditentang hanyalah definisi
yang,
-
TRUISTIC
: definisi yang sudah benar dan tidak dapat diperdebatkan lagi
-
TAUTOLOGICAL/
CIRCULAR : definisi yang
berputar-putar sehingga tidak jelas pointnya
-
SQUIRELLING
: definisiyang tidak ada kaitannya dengan topik
-
TIME AND PLACE
SETTING : definisi
yang mengambil setting background dengan waktu yang tidak tepat, misalnya
mengambil kejadian yang sudah sangta tidak up to date, sehingga sulit
diperdebatkan.
Untuk
mendefinisikan motion, kita harus mengambil kata kunci yang penting dari motion
tersebut dan mendefinisikannya sesuai dengan topik yang aktual yang bisa
diperdebatkan. Misalnya, kita ambil motion “THW ban alchoholic drinks”. Disini
ada dua kata penting, yaitu “ban” dan “alchoholic drinks”, kita harus
mendefinisikan kata tersebut tidak sekedar definisi berdasarkan kamus. Ban
(melarang=prohibit=not allow) maksudnya melarang yang bagaimana dan seperti
apa.
Kemudian kata
“alchoholic drinks” juga harus didefinisikan, tidak hanya sekedar “minuman
beralkohol” saja tetapi juga perlu disertakan dengan “minuman beralkohol dengan
kadar .....%”, dengan disertai ALASAN POKOK yang merupakan IDE POKOK atau yang
biasa disebut dengan THEME LINE. THEME LINE ini menjawab dari pertanyaan
MENGAPA. Mengapa suatu hal harus dilarang, mengapa hal harus dihentikan,
mengapa suatu hal tidak harus dilarang, dsb. Theme line inilah yang akan
diperdebatkan dalam debat bahasa inggris.
INGAT: Definisi
dari tim positif harus JELAS, LOGIS sesuai motion, dan bisa diperdebatka/ada
untuk diperdebatkan (debatable).
F. ARGUMENT
Setiap argument yang baik harus selalu memuat A-R-E-L, yaitu
Assertion
: kalimat berisi pernyataan dari argument yang akan disampaikan.
Reasoning
: alasan yang mendukung pernyataan argument.
Evidences
: bukti-bukti dan fakta-fakta yang mendukung argument dan alasannya.
Link back
: mengaitkan kembali dengan pokok bahasan (theme line)
G.
REBUTTLE
Rebuttle adalah sanggahan dari argument lawan, yang harus di-rebut adalah
argument pokok dari tim lawan. Rebutlle biasanya berdasarkan pada:
-
Fakta yang salah (error facts)
-
Bukti yang tidak
relevan (irrelevan proof)
-
Hal-hal yang tidak
masuk akal (illogical)
H.
JOB DESCRIPTIONS OF
DEBATERS
AFFIRMATIVE TEAM
First speaker:
-
Menyampaikan motion
-
Memberikan
background (latar belakang mengapa bisa muncul motion seperti itu, background
ini dikaitkan dengan berita aktual yang berkaitan dengan motion)
-
Menyampaikan
definisi dari motion
-
Menyampaikan room of debate (apa yang akan
diperdebatkan dalam debat nanti)
-
Menyampaikan stance dari timnya (posisi dari timnya,
apakah setuju atau tidak setuju dengan topik, tim positif akan selalu setuju
dengan theme line, sedangkan tim negatif tidak setuju)
-
Menyampaikan theme line
-
Menyampaikan team split (pembagian kerja tim)
-
Menyampaikan
argument pokok
-
Menyimpulkan dan
mengaitkan dengan topik
Second speaker:
-
Me-rebut argument pokok first speaker tim
negatif
-
Mengklarifikasi
lagi kasus tim positif
-
Menyampaikan
argument pokok second speaker
-
Mengaitkan argument
pokok dengan topik/theme line
-
Menyimpulkan dan
menyampaikan kembali theme line tim positif
Third speaker:
-
Me-rebut argument pokok second speaker tim
negatif
-
Mengklarifikasi
kasus tim positif
-
Mengulas kembali
argument yang telah disampaikan oleh first dan second speaker tim positif
-
Menekankan kembali rebutal yang disampaikan oleh first dan
second speaker tim positif, sambil terus menentang argument tim lawan
-
Memberikan lebih
banyak contoh yang relevan dengan topik
-
Menyimpulkan apa
yang disampaikan dan mengaitkan kembali apa yang disampaikan dengan topik
-
INGAT: pada third
speaker tidak boleh ada NEW MATTER (argument/materi baru). Tugas utama
pembicara ketiga adalah: ATTACK and give more examples. (umumnya ¾ dari waktu
bicara untuk rebutal)
NOTE: yang berhak menyampaikan argument hanya pembicara 1 dan 2, karena waktu
pembicara 1 banyak tersita untuk definisi, background, team split, dsb, maka
argument yang paling inti sebaiknya disampaiakan oleh pembicara 2.
NEGATIVE TEAM
First speaker:
-
Merespon definisi
yang disampaikan oleh first speaker tim positif; menyampaikan apakah menerima
atau menolak definisi tersebut (accepts
or challenges the defiintion)
-
Rebut / sanggahan
argument yang disampaikan first speaker tim positif
-
Menyampaikan theme
line tim negatif
-
Menyampaikan theme
split (pembagian kerja) tim negatif
-
Menyampaikan
argument pokok
-
Menyimpulkan dan
mengaitkan dengan topik
Second speaker:
-
Me-rebut argument pokok second speaker tim
positif
-
Rebuild kembali/ tegakkan
lagi kasus /theme line tim negatif
-
Menyampaikan
argument pokok second speaker negatif
-
Mengaitkan argument
dengan theme line atau topik
-
Menyimpulkan dan
menyampaikan kembali theme line tim negatif
Third speaker:
-
Rebut argument yang telah
disampaikan oleh tim positif
-
Sampaikan kembali
theme line / kasus yang disampaikan tim negatif; mengulas kembali argument yang
telah disampaikan first and second speaker tim positif
-
Menekankan kembali rebutal yang disampaikan oleh pembicara
1 dan 2 tadi, sambil terus menentang argument tim lawan
-
Memberikan lebih
banyak contoh yang relevan dengan topik
-
Menyimpulkan apa
yang disampaikan dan mengaitkan kembali apa yang disampaikan.
-
INGAT: pada third
speaker tidak boleh ada NEW MATTER (argument/materi baru). Tugas utama
pembicara ketiga adalah: ATTACK and give more examples. (umumnya ¾ dari waktu
bicara untuk rebutal)
REPLY SPEAKER
Reply speaker untuk
tim positif maupun tim positif memiliki tugas:
1.
Overview the debate
(mengulas kembali apa isi debat yang telah berlangsung tadi):
-
Clash of the debate
(ketidakcocokan antara tim negatif dengan tim positif tadi, perbedaan pendapat
yang terjadi tadi disampaikan)
-
Menyampaikan
argument apa saja yang telah disampaikan timnya
-
Menyampaikan
argument apa saja yang telah disampaikan tim lawan
-
Menyampaikan
kelebihan dari argument timnya dan kelemahan dari argument tim lawan
-
Menekankan bahwa
argument timnya lebih bagus dan lebih berhak untuk menang berdasarkan kelebihan
argument timnya tadi. Jangan lupa untuk tetap dikaitkan dengan topik yang
diperdebatkan.
2.
Reply speech
bukanlah rebutal, jadi di sini sudah
tidak boleh ada lagi rebutal, maupun
hal-hal atau contoh-contoh baru.
3.
Yang bisa menjadi
reply speaker adalah pembicara pertama atau pembicara kedua.
I. TIMING DALAM DEBAT BAHASA INGGRIS
Tiap debater diberi waktu 7 menit
untuk menyampaikan subtantive speech-nya (watu berbicara pada pembicara 1,2,
dan 3). Tapi tidak untuk reply speech, untuk reply speech ini biasanya hanya 5
menit saja.
Jadi, untuk masing-masing tim
diberi waktu:
-
First
speaker : 7 menit (subtantive
speech)
-
Second
speaker : 7 menit (subtantive speech)
-
Third
speaker : 7 menit (subtantive speech)
-
Reply
speech : 5 menit (reply speech)
Pada subtantive speech tersebut,
pada setiap menit ke-6 akan diberi tanda ketukan satu kali oleh time keeper.
Diberi ketukan 2 kali pada menit ke-7, dan ketukan berulang-ulang pada menit
ke-7 lebih 20 detik. Apabila terjadi undertime (kurang waktu, misal kurang dari
6 menit) akan mengurangi nilai. Apabila sudah diberi ketukan berulang-ulang
tapi pembicara belum berhenti berbicara, maka apa yang dibicarakan atau
disampaikan sudah tidak akan didengarkan lagi oleh juri, dan hal ini juga bisa
mengurangi nilai.
Pada reply speech, pada menit
ke-4 akan diketuk 1x, menit ke-5 akan diketuk 2x, dan pada menit ke-5 lebih 20
detik akan diketuk berulang-ulang.
J. ASPEK YANG DINILAI DALAM DEBAT
BAHASA INGGRIS
Ada 3 aspek yang dinilai dalam debat bahasa inggris:
1.
Manner dinilai 40%,
meliputi:
Delivery (public-speaking skills): bagaimana cara penyampaian argument,
efektif atau tidak.
Vocal style (volume suara), penggunaan bahasa, penggunaan catatan, kontak
mata, gesture (gerakan-gerakan tubuh), posisi berdiri (stance), pakaian, humor,
personal attack on opponents
2.
Methode dinilai
20%, meliputi:
Structure and organization (struktur/sistematika penyampaian pidato, urut
atau tidak mulai dari awal sampai akhir sesuai dengan tugas sebagai first,
second atau third speaker)
Overtime or undertime?
Kemampuan untuk merespon kasus/argument yang disampaikan lawan
3.
Matter dinilai 40%:
Materi /isi yang disampaikan dalam speech-nya, apakah relevan atau tidak,
berbobot atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar