RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Pokok Bahasan : 1.1. Mendengarkan : Tindak tutur
: Mengusulkan, Memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan
sesuatu dan memerintah
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
1. Listening (mendengarkan) :
Memahami makna dalam text percakapan transaksional dan
interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
1.1.Listening (Mendengarkan) :
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan berlanjut(sustained) secara akurat, lancar dan
berterima yang menggunakan ragam bahasa
lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur :
Mengusulkan, Memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan
sesuatu dan memerintah
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
1.Mengidentifikasi
makna tindak Mengusulkan, Memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk
melakukan sesuatu dan memerintah
2. Merespon tindak tutur Mengusulkan, Memohon,
mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu dan memerintah
.
|
Religius, komunikatif, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai
prestasi,menghargai pnedapat, tanggung jawab, mandiri,percaya
diri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
I. Tujuan Pembelajaran :
Diperdengarkan teks transaksional yang menggunakan
ungkapan Mengusulkan, Memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk
melakukan sesuatu dan memerintah, siswa dapat :
1. Menemukan informasi umum
2. Menemukan informasi factual
3. Menemukan informasi rinci
4. Mengidentifikasi ungkapan
II. Materi :
1. Proposing/Suggesting :
- You
should ……
- I
propose that …….
- I
recommend that ……
- You
are recommended to …….
- Let
me suggest to ……
2. Complaint :
- I
think it’s so bad
-
terrible
- I think it doesn’t work
- I
have to complain that ……….
3. Possibility
- May
be / perhaps ….
- It’s
possible that ….
- It’s
likely that…
- You
have a good chance to….
- There
is a good chance that ….
4. Asking someone
to do something.
-. Be
quiet, be careful
- You
must come on time
- switch
on the light
III. Metode Pembelajaran :
Pendekatan : Competence based
approach
Technique : 2 cycles of 4 teaching
procedures.
IV. Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mempelajari contoh ungkapan
·
Mendengarkan percakapan transaksional di kaset/ CD/dibacakan guru
·
Mengidentifikasi ungkapan terdapat dalam percakapan
·
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan dari dialog yang sudah didengarnya.
·
Mendiskusikan jawaban
|
·
menirukan
ungkapan ungkapan yang diberikan secara classical.
·
Menjelaskan
makna ungkapan yang terdapat dalam percakapan
·
Menjelaskan informasi tertentu dari percakapan
|
§ Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait
dengan percakapan
dgn mempraktekannya di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
.
|
A.
Langkah-Langkah
Kegiatan
|
||
Pertemuan (2 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan
Awal
(Pre
Activity) : 10 Menit
|
Kegiatan Inti
(Main
Activity) : 65 Menit.
|
Kegiatan Akhir
(Post
Activity) : 15 menit
|
Apersepsi
:
§
Tegur sapa (Komunikatif)
§
Siraman rohani/doa pada siswa (Religius)
§
Mengecek keberadaan siswa/absensi(rajin)
§
Menstimuli siswa agar memberikan contoh expresi mengusulkan, memohon dan
mengeluh. (Komunikatif,rasa ercaya diri)
|
*Eksplorasi
·
Siswa mempelajari contoh ungkapan mengusulkan. tindak
tutur mengusulkan, memohon, dan mengeluh.
( Rasa ingin tahu)
*Elaborasi
·
Siswa menjawab secara oral pertanyaan dari guru tentang
ungkapan-ungkapan yang sudah dipelajari. (Komunikatif)
·
Siswa mendengarkan dialog dari kaset yang didalamnya terdapat
ungkapan-ungkapan yang sudah dipelajari. ( Rasa ingin tahu)
·
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dialog yang sudah didengarnya.(Kerja keras)
*Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah dipelajari dan
mengoreksi kesalahan siswa secara umum. (Komunikatif,menghargai pendapat)
|
1.
Guru melakukan review terhadap materi yang telah
dipelajari dan mengoreksi kesalahan siswa secara umum. (Komunikatif,menghargai pendapat)
2.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
berhubungan dengan materi yang dirasa sulit dan kurang jelas. (Demokratis)
3.
Guru memberikan tugas individu berupa pekerjaan rumah. (Tanggung jawab,mandiri)
|
V. Alat / Bahan dan Sumber Belajar :
Alat /
Bahan : - Kaset (rekaman sendiri), Tape-recorder.
- Kaset Conversation for everyday situations
Karya Lie Hua dan
B. Satyawijaya Penerbit : Kesaint Blanc
Sumber :
- Depdiknas. Standar Kompetensi BSNP th 2006. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
-
Halimi
Mahfudz. Competency in English class XII.
MGMP Bahasa Inggris Kediri
- Lie Hua dan B. Satyawijaya. Conversation for everyday situations.
Kesaint Blanc.
- AS Hornby.Oxford
Advanced Learner’s Dictionary.Oxford University Press.1995
- Zumakhsin. Progress. Ganeca exact.2007
VI. Penilaian :
a. Jenis Tagihan
1. Tes
§
Ulangan Harian
2. Non – tes (Tugas
Individu )
§
Latihan-latihan
§ Tugas
b. Bentuk Instrumen
§ Penugasan
a.
Tindak
Lanjut : Siswa yang tidak mencapai KKM diberikan remedial dan yang
mencapai KKM diberikan pengayaan.
a. Kognetif
(listening) :
Contoh Instrumen :
1.
Dialog
|
||
Mike : Do
you think we should look at these brochures?
Susan :
That’s a good idea.
Mike : How
about ‘Lombok’ instead of ‘Bali’? It looks more interesting.
Susan : Yes,
but we lack information about ‘Lombok’.
Mike : You’re
right. We don’t have enough time to look for it. Well, do you have any
suggestion?
Susan : How
about Kediri? Let’s try that.
Mike : All
right. What pictures do you think we should insert in our presentation?
Susan : Let’s
take some photos of a few well-known places there.
Mike :
That’s a good idea. I hope our presentation will be more interesting by
inserting
them.
Susan : O.K. Let’s get to work.
|
||
QUESTION 1
|
ANSWER
|
SKOR
|
|
Do you think.......
Do you have any......
Do you think we should insert......
|
6
|
|
How about lombok......
How about padang......
Let’s some photos
|
6
|
|
To take some interesting photo...
|
4
|
|
Kediri
|
2
|
|
Collega or team work or partner
|
2
|
|
Jumlah
|
20
|
Nilai : score x5
b. Affektif : Rublik dengan
Penilaian sbb :
Ranah
|
Nilai
|
Deskripsi
|
Afektif
|
A
B C K |
Kehadiran, minat, sikap dan tanggung jawab dalam
melakukan kegiatan sangat baik
Kehadiran, minat, sikap dan tanggung jawab dalam
melakukan kegiatan baik
Kehadiran, minat, sikap dan tanggung jawab dalam
melakukan kegiatan cukup baik
Kehadiran, minat, sikap dan tanggung jawab dalam
melakukan kegiatan kurang baik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar