Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Pokok Bahasan : 8.2. Mendengarkan : Monolog
Narrative text
Kelas / Semester : XII IPA / 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
8. Mendengarkan
(Listening) :Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative,
dan Review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
:
8.2 Mendengarkan
(listening) : Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks berbentuk Narrative.
Indikator :
- Mengidentifikasi main idea dari text Narrative yang didengar.
- Mengidentifikasi informasi dalam teks Narrative yang didengar
- Menciptakan situasi yang menumbuhkan daya pikir dan bertindak kreatif
- Membangun kemandirian dalam menjawab pertanyaan
- Mengembangkan rasa ingin tahu
I. Tujuan
Pembelajaran :
Siswa dapat :
1. Menemukan informasi factual dengan benar.
2. Menemukan makna kata atau sinonim dengan benar
3. Menemukan informasi Umum dengan benar
4. Menemukan informasi tersirat dengan
benar
5. Menceritakan kembali isi teks.
6. Dalam kegiatan mendengarkan
siswa mengembangkan rasa ingin tahu
7.Dalam proses menemukan
jawaban siswa bertindak mandiri dan kreatif
I. Tujuan
Pembelajaran :
Diperdengarkan
teks monolog lisan berbentuk Narrative text, siswa dapat :
1. Menemukan informasi umum dengan benar.
2. Menemukan makna kata atau sinonim dengan benar
3. Menemukan informasi khusus dengan benar
4. Menemukan informasi tersirat dengan benar
5. Menceritakan kembali isi teks.
6. Dalam kegiatan
mendengarkan siswa mengembangkan rasa ingin tahu
7. Dalam proses menemukan
jawaban siswa bertindak mandiri dan kreatif
II. Materi Pembelajaran :
Narrative
Text
1. The social
function of the Narrative text :
To entertain the readers.
2. the form/
generic structure of Narrative text.
It may
consist of title – orientation – complication – Resolution – Reorientation
3. What are the
language features of Narrative text ?
It uses
a. Time words
: Once upon the time, one day, long ago,
etc.
b. Action verbs : run, walk, fight, talk, etc.
c. Descriptive words : beautiful, hate, sly,
just, arrogant, boast, etc
III. Pendekatan
: Competence based approach
Technique : Three phases-technique
2 cycles of 4
teaching procedures
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal
: ( 5 menit)
* Salam dan tegur sapa./doa membiasakan menjawab salam/bersosialisasi dan membiasakan mengungkapkan rasa syukur
kepada Tuhan Y.M.E
* Informasi tentang tujuan dan indicator
pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
:
BKOF (Building
knowledge of Field) : (10 menit)
- Brainstorming jenis teks yang telah dipelajari.
- Siswa diajak berbicara tentang social function, generic structure, dan language features dari teks Narrative.
MOT ( Modeling
of Text) :
Pre – listening
activity : 20 menit
- Siswa diberi leading Question.
- Siswa menjawab pertanyaan secara lisan.(menghargai pendapat orang lain dan santun dalam berinteraksi)
- Siswa mempelajari kosa kata yang ada pada teks lisan.
- Siswa mencari padanan kata atau makna kata pada kamus. (mengembangkan rasa ingin tahu)
- Siswa mendiskusikan jawaban.(menghargai pendapat orang lain dan santun dalam berinteraksi)
Whilst Listening
: 30 menit
- Siswa mempelajari pertanyaan yang diberikan
- Siswa mendengarkan teks lisan dan sekaligus menjawab pertanyaan(mengembangkan rasa ingin tahu, bertindak mandiri dan kreatif) .
- Diperdengarkan teks kembali untuk mengecek jawaban yang ada.
- Mendiskusikan jawaban.(menghargai pendapat orang lain dan santun dalam berinteraksi)
Post Listening:
15 menit
·
Diberi text narrative .
·
Mendengarkan teks lisan lagi. (mengembangkan rasa ingin tahu bertindak
mandiri dan kreatif)
·
menentukan generic
structurenya.
·
Mendiskusikan jawaban.(menghargai
pendapat orang lain dan santun dalam berinteraksi)
3. Kegiatan
Akhir : (10 menit)
- Kesimpulan dari kegiatan tersebut.
- Salam penutup.
V. Alat/ Bahan /
Sumber belajar :
Alat /
Bahan : Kaset pembelajaran( rekaman
sendiri), gambar gambar, LKS
Sumber :
-
Depdiknas. Standar Kompetensi BSNP
th 2006. Pusat Kurikulum
Balitbang Depdiknas.2006.
-
Halimi Mahfudz. Competency in English class XII. MGMP
Bahasa Inggris Kediri.
2007.
-
AS Hornby.Oxford Advanced Learner’s Dictionary.Oxford University Press.1995
- Zumakhsin. Progress A contextual Approach to learning
English for Senior High School.
Ganeca Exact.2007.
- Hasan Shadily. Kamus Inggris- Indonesia.PT Gramedia.1998
VI. Penilaian :
Jenis : Ulangan harian
Bentuk : Teks Tulis
Alat
Penilaian : Terlampir pada Bahan ajar
Pedoman
Penilaian :
a. Kognetif (listening) : Jumlah soal 10
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor maximum
|
1
|
Jawaban siswa
lengkap dan benar
|
10
|
2
|
Jawaban siswa
tidak lengkap tetapi benar
|
5
|
3
|
Jawaban siswa
kurang tepat
|
2
|
Kognetif (Vocabulary) : Jumlah soal 5
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor maximum
|
1
|
Jawaban
siswa benar
|
20
|
2
|
Jawaban siswa
salah
|
0
|
Nilai : (Score
Listening + score vocabulary) : 2
b. Affektif : Rublik dengan
Penilaian sbb :
Ranah
|
Nilai
|
Deskripsi
|
Afektif
|
A
B C K |
Kehadiran,
minat, sikap dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan sangat baik
Kehadiran,
minat, sikap dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan baik
Kehadiran,
minat, sikap dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan sangat cukup baik
Kehadiran,
minat, sikap dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan kurang baik
|
Catatan :
Tindak Lanjut :
Apabila siswa tidak mencapai nilai SKM
maka siswa diberi :
Test
Remidi ( Remidial test) .
BAHAN AJAR
Narrative Text
Narrative Text
ACT 1 :
Now Look at the
picture and answer the questions below!
- Are you familiar with this animal ? What is it ?
- What kind animal is it ?
- Describe this animal based on your opinion !
ACT 2:
Before listening
to the text, try to find the meaning of these words !
come along disappeared woods
approached Automatic
ACT 3; Listen to
the text from the record then answer the following questions!
ACT 4 : Listen
more carefully and answer the questions based on the story !
1. What is the
title of the story ?
2. Whom did the
big wolf wait for ?
3. What did the
little girl carry ?
4. What did the
wolf ask to the girl ?
5. Did the girl
tell the wolf where her grandmother lived?
6. What did the
girl see when she opened the door of her grandmother’s house ?
7. Was it her
grandmother ? Who was it ?
8. What did the
girl do when she knew that it was not her grandmother who was in the bed?
9. What is the
ending of the story?
10. What is the
moral of the story ?
ACT 5 : Now in a
group of four you can retell that story with your own word and the speaker of
your group tell it in front of the class !
Script :
The little girl and the wolf
One afternoon a big wolf waited in a dark
forest for a little girl to come along carrying a basket of food to her
grandmother. Finally a little girl did come along and she was carrying a basket
of food. “ Are you carrying that basket to your grand mother.?” asked the wolf.
The little girl said yes, she was. So the
wolf asked her where her grandmother lived and the little girl told him
and he disappeared into the woods.
When the little girl opened the door of her grandmother’s house she saw
there was somebody in bed with a nightcap and nightgown on. She had approached
no nearer than twenty-five feet from the bed when she saw that it was not her
grandmother but wolf, for even in a nightcap a wolf doesn’t look any more like
her grandmother. So the little girl took an automatic out of the basket and
shot the wolf dead.
Mohon izin ngetag bu.....
BalasHapusOk.....
HapusMana audio materi listening ini?
Hapusmaaf audionya kaset jd bisa lihat script nya
Hapus