Sabtu, 07 Juli 2012

RPP Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : SMA
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Pokok Bahasan            : 1.1. Mendengarkan : Tindak tutur : Mengusulkan, Memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu dan memerintah
Kelas / Semester           : XII IPA  /  1
Alokasi Waktu              : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi :
1. Listening (mendengarkan)       :
Memahami makna dalam text percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan   berlanjut  dalam konteks kehidupan sehari-hari.

1.1.Listening (Mendengarkan)    :
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan   interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut(sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang  menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : Mengusulkan, Memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu dan memerintah

Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
1.Mengidentifikasi makna tindak Mengusulkan, Memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu dan memerintah
2. Merespon tindak tutur Mengusulkan, Memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu dan memerintah
.
Religius, komunikatif, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi,menghargai pnedapat, tanggung jawab, mandiri,percaya diri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
I. Tujuan Pembelajaran :
Diperdengarkan teks transaksional yang menggunakan ungkapan Mengusulkan, Memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu dan memerintah, siswa dapat :
1.      Menemukan informasi umum
2.      Menemukan informasi factual
3.      Menemukan informasi rinci
4.      Mengidentifikasi ungkapan

II. Materi :
1. Proposing/Suggesting :
         - You should ……
         - I propose that …….
         - I recommend that ……
         - You are recommended to …….
         - Let me suggest to ……

2. Complaint :
         - I think it’s so bad
         - terrible
         - I think it doesn’t work
         - I have to complain that ……….
3. Possibility
         - May be / perhaps ….
         - It’s possible that ….
         - It’s likely that…
         - You have a good chance to….
        - There is a good chance that ….
4. Asking someone  to do something.
       -. Be quiet, be careful
        - You must come on time
        - switch on the light
       
III. Metode Pembelajaran :
       Pendekatan     : Competence based approach
        Technique      : 2 cycles of 4 teaching procedures.

IV.    Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mempelajari contoh ungkapan
·         Mendengarkan percakapan transaksional di kaset/ CD/dibacakan guru
·         Mengidentifikasi ungkapan terdapat dalam percakapan
·         Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dialog yang sudah didengarnya.
·         Mendiskusikan jawaban
·         menirukan ungkapan ungkapan yang diberikan secara classical.
·         Menjelaskan makna ungkapan yang terdapat dalam percakapan
·         Menjelaskan informasi tertentu dari percakapan
§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan percakapan dgn mempraktekannya di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
.



A.     Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan  (2 x 45 Menit)
Kegiatan Awal
(Pre Activity) : 10 Menit
Kegiatan Inti
(Main Activity) : 65 Menit.
Kegiatan Akhir
(Post Activity) : 15 menit

Apersepsi :
§ Tegur sapa (Komunikatif)
§ Siraman rohani/doa pada siswa (Religius)
§ Mengecek keberadaan siswa/absensi(rajin)
§ Menstimuli siswa agar memberikan contoh expresi mengusulkan, memohon dan mengeluh. (Komunikatif,rasa ercaya diri)



*Eksplorasi
·         Siswa mempelajari contoh ungkapan mengusulkan. tindak tutur mengusulkan, memohon, dan mengeluh.
( Rasa ingin tahu)
*Elaborasi
·         Siswa menjawab secara oral pertanyaan dari guru tentang ungkapan-ungkapan yang sudah dipelajari.  (Komunikatif)
·         Siswa mendengarkan dialog dari kaset yang didalamnya terdapat ungkapan-ungkapan yang sudah dipelajari. ( Rasa ingin tahu)
·         Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dialog yang sudah didengarnya.(Kerja keras)
*Konfirmasi
·         Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah dipelajari dan mengoreksi kesalahan siswa secara umum.  (Komunikatif,menghargai pendapat)
1.  Guru melakukan review terhadap materi yang telah dipelajari dan mengoreksi kesalahan siswa secara umum. (Komunikatif,menghargai pendapat)
2.  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya berhubungan dengan materi yang dirasa sulit dan kurang jelas. (Demokratis)
3.  Guru memberikan tugas individu berupa pekerjaan rumah. (Tanggung jawab,mandiri)


    
V. Alat / Bahan dan Sumber Belajar :
    Alat / Bahan   : -  Kaset (rekaman sendiri), Tape-recorder.
                              - Kaset Conversation for everyday situations Karya Lie Hua dan
                                B.  Satyawijaya Penerbit : Kesaint Blanc
Sumber :
                      -  Depdiknas. Standar Kompetensi BSNP th 2006. Pusat Kurikulum     Balitbang Depdiknas.
-          Halimi Mahfudz. Competency in English class XII. MGMP Bahasa Inggris Kediri
                      -     Lie Hua dan B. Satyawijaya. Conversation for everyday situations. Kesaint Blanc.
                      -  AS Hornby.Oxford Advanced Learner’s Dictionary.Oxford University Press.1995
                     - Zumakhsin. Progress. Ganeca exact.2007
VI. Penilaian :
      
                a. Jenis Tagihan
                        1. Tes
§  Ulangan Harian
                        2. Non – tes (Tugas Individu )
§  Latihan-latihan
§  Tugas
b. Bentuk Instrumen
§  Penugasan

a.    Tindak Lanjut :   Siswa yang tidak mencapai KKM diberikan remedial dan yang mencapai KKM diberikan pengayaan.



a. Kognetif  (listening)        :

Contoh Instrumen  :
1.      Dialog
Mike    : Do you think we should look at these brochures?
Susan   : That’s a good idea.
Mike    : How about ‘Lombok’ instead of ‘Bali’? It looks more interesting.
Susan   : Yes, but we lack information about ‘Lombok’.
Mike    : You’re right. We don’t have enough time to look for it. Well, do you have any
                  suggestion?
Susan   : How about Kediri? Let’s try that.
Mike    : All right. What pictures do you think we should insert in our presentation?
Susan   : Let’s take some photos of a few well-known places there.
Mike    : That’s a good idea. I hope our presentation will be more interesting by inserting
                    them.
Susan   : O.K. Let’s get to work.
QUESTION 1
ANSWER
SKOR
  1. Mentions the expressing of asking suggestion above!
Do you think.......
Do you have any......
Do you think we should insert......
6
  1. Mention the expressing of offering suggestion!
How about lombok......
How about padang......
Let’s some photos
6
  1. What is they want to do?
To take some interesting photo...
4
  1. Where is the place they accepted to go?
Kediri
2
  1. What is the releationship betwen susan and mike?
Collega or team work or partner
2

Jumlah
20

Nilai : score x5

b. Affektif                            : Rublik dengan Penilaian sbb :

Ranah
Nilai
Deskripsi
Afektif
A

B

C

K
Kehadiran, minat, sikap dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan sangat baik
Kehadiran, minat, sikap dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan  baik
Kehadiran, minat, sikap dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan  cukup baik
Kehadiran, minat, sikap dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan kurang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar