Kamis, 28 Juni 2012

PTK: MEDIA GAMBAR SERIES dalam TEKS NARRATIVE

PENELITIAN TINDAKAN KELAS:

Judul : “ Meningkatkan Prestasi Menulis Narrative Melalui Media Gambar Series pada siswa
 Kelas XII IPA-3 SMA Negeri 5 Kediri”
 BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah :
         Pengembangan Ilmu pengetahuan dan Tehnologi merupakan factor mutlak yang harus dilakukan secara sadar dan berkelanjutan guna menciptakan suatu keadaan dalam hal terjadinya peningkatan kemampuan intelektual, cerdas dan berdedikasi tinggi. Sejalan dengan hal itu upaya peningkatan  peran piranti pendidikan makin digalakkan mulai dari guru, murid dan lainnya untuk tercapainya tujuan pembelajaran.
         Di dalam pembelajaran Bahasa Inggris ada empat ketrampilan yang harus dikuasai siswa yaitu Speaking (berbicara), Listening (mendengarkan), Reading (membaca) dan Writing (menulis), yang kesemuanya saling berhubungan satu dengan yang lain.
         Menulis (writing) adalah salah satu bentuk komunikasi yang digunakan dalam kehidupan sehari hari yang sama pentingnya dengan berbicara, tetapi karena begitu kompleknya dan sulitnya penerapan dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris  sering kali siswa dan guru mengalami kesulitan menerapkan dalam proses belajar mengajar didalam kelas. Siswa mengalami kesulitan untuk memulai mengerjakan tugas menulis. Kecenderungan mereka untuk meniru atau mencontoh teks dari buku yang mereka baca atau sumber lain. Bahkan apabila materi pelajaran writing (menulis) di dalam kelas mereka cenderung tidak dapat menyelesaikan tugas tersebut tepat waktu, mereka selalu meminta tugas tersebut diselesaikan di rumah sebagai Pekerjaan rumah (PR) atau ketika siswa belajar bahasa Inggris disuruh menulis sering mereka melakukan kesalah kesalahan tata bahasa( grammar) spelling sampai pada punctuation (tanda baca).
          Oleh karena hal tersebut diatas perlu adanya perubahan perubahan dalam proses belajar Mengajar yang melibatkan guru dan murid. Disatu sisi proses belajar siswa, cara mengajar guru dan disisi lain interaksi antara guru dan murid perlu adanya perbaikan. Siswa harus tahu mengapa mereka menulis, apa  tujuan mereka menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar